Breaking News
Home » Jaminan Sosial » BPJS » Bupati Gunung Kidul Minta BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Ke UMKM dan Sektor Wisata

Bupati Gunung Kidul Minta BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Ke UMKM dan Sektor Wisata

Okeebos.com, Gunung KIdul – Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Kidul berharap agar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan sosialisasi kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Sektor Wisata. Kerjasama yang telah terjalin dengan baik menurutnya harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Gunung Kidul, Hj Badingah S.Sos saat memberikan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada empat orang ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kantornya, Senin 29/08/16.




Dikatakannya BPJS Ketenagakerjaan harus mampu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak merasa kebingungan dengan keberadaan BPJS. “Banyak yang mengeluh kepada saya, apakah program BPJS Ketenagakerjaan tumpang tindih dengan BPJS Kesehatan” jelasnya.

Menurutnya  keberadaan Program BPJS Ketenagakerjaan harus terus disosialisasikan, agar masyarakat pekerja memahami programnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya akan memfasilitasi agar program ini bisa sampai ke masyarakat. Terkait kerjasama dengan pelayanan satu atap, kita akan komunikasikan dengan dinas terkait, imbuhnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunung Kidul, Dwi Warna Widi Nugraha MSi mengatakan pihaknya siap untuk saling membantu agar masyarakat melek BPJS Ketenagakerjaan, karena manfaatnya teramat besar bagi masyarakat. “Personil pekerja terjadi kecelakaan kerja bisa klaim, satu situasi ada kesedihan namun disitu ada kemudahan, karena kalau sudah sakit masih keluar biaya, itu memusingkan”ungkapnya.

Kita akan jalan bareng dengan BPJS Ketenagakerjaan, kami fasilitasi sampai ke kecamatan, perangkat desa dan semua sektor yang terkait dengan ketenagakerjaan. Ketika semua pekerja di Kabupaten Gunung Kidul sejahtera kami senang, dan itu adalah tugas kami, tegasnya.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Moch. Triyono, SE.MM, sampai dengan Agustus, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Gunung Kidul tercatat sebanyak 366 perusahaan dengan tenaga kerja 2856 dan telah dilakukan melakukan pembayaran jaminan klaim JKK, JKM dan JHT dengan total kurang lebih  14 Milyar.

Saat ini dikatakannya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Gunung Kidul rata rata di sektor formal, padahal sesuai dengan ketentuan Undang undang wajib kepesertaan di tenaga kerja sektor formal dan tenaga kerja sektor informal.

Sinergi kami dengan pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Kidul diharapkan mampu berkontribusi memberikan peningkatan kesejahteraan, kami berharap tidak muncul lagi warga miskin baru, ketika terjadi resiko sosial, ujar Tri.

[/Uus/Mly]

header niko 728 x 90

Check Also

BPJS KETENAGAKERJAAN SANTUNI AHLI WARIS 1,48 M

Okeebos.com, Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Kelapa Gading memberikan santunan …

header niko 728 x 90
if(function_exists('load_comments')) { load_comments(); }