Breaking News
Home » Jaminan Sosial » BPJS » Program BPJS Ketenagakerjaan Dorong Kesejahteraan Pelaku UMKM Jogja

Program BPJS Ketenagakerjaan Dorong Kesejahteraan Pelaku UMKM Jogja

Okeebos.com, Yogyakarta – Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan semakin dirasakan kehadirannya oleh para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Yogyakarta. Kehadiran lembaga publik ini telah membuktikan memberikan manfaat bagi para pesertanya yang merupakan pekerja di sector formal maupun informal.

Dikatakan Sekretaris Koperasi Paguyuban Pedagang Kaki Lima Yogyakarta (PPKLY), Saeful mengatakan saat ini manfaat Jaminan sosial pekerja yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan bukan lagi isu, namun realita kebenarannya. “Kami merasakan benar kehadiran program BPJS Ketenagakerjaan, banyak pekerja seperti kami yang juga telah merasakan manfaatnya, apalagi sekarang untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pengobatannya dibiayai sampai sembuh oleh BPJS Ketenagakerjaan”ujarnya ditemui diYogyakarta, Kamis (25/08/16).




Dulu, dituturkan saeful ,sewaktu masih PT Jamsostek pengobatan untuk kecelakaan kerja masih dibatasi hanya 21 juta, tapi setelah berubah jadi BPJS Ketenagakerjaan jadi tanpa batas sesuai kebutuhan medis. “program ini sangat membantu, kami bisa menabung dan berinvestasi untuk masa depan kami dan keluarga”, ungkap seful.

Ditemui di Kantornya, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Moch. Triyono mengatakan, terdaftar sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja informal atau bukan penerima upah di Yogyakarta jumlahnya lebih kurang  11 ribuan dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda , seperti, pedagang, petani, nelayan, petugas parkir, petugas kebersihan, ojek motor, PRT, pengemudi,dst.
Program BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja sector informal meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta dituturkan Tri, merupakan layanan yang siap setiap saat memberikan pelayanan terbaik bagi peserta dan saat ini telah  memiliki perwakilan kantor cabang di setiap kota dan Kabupaten di DIY. “ Kami juga telah bekerjasama dengan perbankan seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI,Bank  BTN  untuk membantu pelayanan (resiprokal), dalam hal Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dan pendaftaran program BPJS Ketenagakerjaan Mandiri atau Bukan Penerima Upah (BPU). ” tegasnya.

[Uus]

header niko 728 x 90

Check Also

BPJS KETENAGAKERJAAN SANTUNI AHLI WARIS 1,48 M

Okeebos.com, Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Kelapa Gading memberikan santunan …

header niko 728 x 90
if(function_exists('load_comments')) { load_comments(); }