Breaking News
Home » Korporasi » CSR » K-GMPI Demo Pertamina Tuntut Realisasi Komitmen Dalam Gerakan Menabung Pohon
Komunitas Gerakan Menabung Pohon Indonesia (K-GMPI) saat berunjuk rasa di Pertamina, Jakarta (9/6/2015).
Komunitas Gerakan Menabung Pohon Indonesia (K-GMPI) saat berunjuk rasa di Pertamina, Jakarta (9/6/2015).

K-GMPI Demo Pertamina Tuntut Realisasi Komitmen Dalam Gerakan Menabung Pohon

Okeebos.com, Jakarta – Aktivis sobat bumi se-Indonesia yang tergabung dalam Komunitas Gerakan Menabung Pohon Indonesia (K-GMPI) berunjuk rasa di depan Gedung PT. Pertamina, menuntut melalui Pertamina Foundation segera merealisasikan Komitmen dalam Gerakan Menabung Pohon, di Jakarta, selasa (9/6/2015).

Pegiat GMP (Gerakan Menabung Pohon) se-Indonesia yang terdiri dari 48.769 petani dan 1.211 relawan dari 1.043 desa se Indonesia. Kegiatan GMP dibentuk oleh Pertamina Foundation (PF) untuk mengajak masyarakat secara bersama-sama menghijaukan lahan-lahan tidur (kurang produktif) dengan menanam pohon sekaligus menjadi tabungan pohon yang bisa bermanfaat sosial, lingkungan dan ekonomi, kelak secara mandiri dan berkelanjutan




Akhmad Sultoni Ketua Komunitas Gerakan Menabung Pohon Indonesia (K-GMPI) megatakan, diawali dengan Deklarasi Gerakan Menabung 1 Miliar Pohon oleh semua pihak baik dari Pertamina Persero yang diwakili oleh Kumut Pertamina, Sugiarto, Pertamina CSR, Pertamina Foundation dan para Relawan Gerakan Menabung Pohon di Kamojang Jawa Barat pada 13-15 Desember 2012, lalu kemudian para relawan bersama dengan masyarakat, aparat desa, petani dan pemilik lahan dengan berbekal segala sumberdaya, semaksimal mungkin mewujudnyatakan 1 Miliar pohon.

Pegiat GMP (Gerakan Menabung Pohon) se-Indonesia yang terdiri dari 48.769 petani dan 1.211 relawan dari 1.043 desa se Indonesia. Kegiatan GMP dibentuk oleh Pertamina Foundation (PF) untuk mengajak masyarakat secara bersama-sama menghijaukan lahan-lahan tidur (kurang produktif) dengan menanam pohon sekaligus menjadi tabungan pohon yang bisa bermanfaat sosial, lingkungan dan ekonomi, kelak secara mandiri dan berkelanjutan.

Berdasarkan laporan dari semua relawan campaian saat ini kurang lebih telah tertanam 230 juta pohon yang tersebar di 3.335 desa diseluruh wilaya Indonesia (100 juta pohon sudah disetujui Pertamina Foundation TETAPI BELUM DIBAYAR).

Bagi kami sangat luar biasa dengan waktu yang pendek 2 tahun sudah bisa tertanam 230 juta pohon, tidak cukup disitu saja, percapaian lainnya yaitu 2 rekor MURI, Rekor pertama penanaman 20 juta pohon serentak dan terbanyak oleh pertamina bersama TNI AD pada tahun 2013 ini yang sudah dibayar lunas dan Rekor kedua penanaman terbanyak 62 juta pohon dalam 1 tahun oleh pertamina pada tahun 2013 ini yang belum dibayar, ujar Akhmad.

Akhmad Sultoni heran, semagat kami para relawan dengan masyarakat guna mencapai 1 Miliar pohon seketika terhenti saat kami menerima surat resmi tertanggal 26 Januari 2015 dari Pertamina Foundation bahwa program GMP dihentikan sampai batas yang tidak bisa ditentukan karena ada pengantian pengurus yayasan, pada posisi relawan, petani dan pembibit sebagai besar belum diberikan pembayaranya oleh Pertamina Foundation.

Dengan itu kami yang tergabung dalam Komunitas Gerakan Menabung Pohon Indonesia (K-GMPI) menyampaikan tuntutan kepada PT. Pertamina segara dibayarkan hak Petani dan relawan sesuai perjanjian, segera ditindak oknum PF yang pengkhianat pegiat lingkungan, Akhiri adu domba antar pegiat GMP sehingga tidak ada korban-korban lagi dalam mendukung, mensukseskan program GMP 1 miliar pohon dilanjutkan untuk kebaikan alam, untuk mempertegas posisi Indonesia sebagai paru-paru dunia. [/Mul]

header niko 728 x 90

Check Also

Kabupaten Berau Kalimantan Timur

Dana CSR Diharapkan Bermanfaat Untuk Masyarakat Berau Kaltim

Okeebos.com, Berau – CSR atau tanggung jawab sosial berhubungan erat dengan pembangunan berkelanjutan, yakni suatu …

header niko 728 x 90
if(function_exists('load_comments')) { load_comments(); }