Breaking News
Home » News » 500 Pedagang Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

500 Pedagang Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Okeebos.com, Jakarta – Menyasar pekerja sektor informal atau biasa disebut pekerja bukan penerima upah, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Jakarta Cilincing menggelar “Edukasi Pasar Rakyat 2016” di Pasar Lontar, Koja, Jakarta Utara. Kamis (25/8/2016).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan menyampaikan program-program yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan kepada para pelaku usaha. Dengan semangat, sejumla karyawan BPJS mendatangi  tenan atau toko-toko menjelaskan manfaat dari program-program BPJS Ketenagakerjaan. Dari kegiatan “Edukasi Pasar Rakyat” para pendaftar langsung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan serta mendapatkan sembako gratis.




Pada edukasi pasar rakyat ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Cabang Jakarta Cilincing, Deny Yusyulian yang turun langsung ke pasar untuk memberikan edukasi kepada para pelaku pasar. Para pedagang diberikan perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan JKK dan JKM untuk satu bulan dari Stimulus Bank BTN.

Kepala Kantor Cabang Jakarta Cilincing, Deny Yusyulian menjelaskan, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya wajib untuk pekerja swasta atau formal, melainkan juga untuk tenaga kerja informal, pekerja mandiri yang disebut pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Dipilihnya Pasar Lontar sebagai lokasi sosialisasi secara langsung dikarenakan banyak terdapat pekerja kategori pekerja bukan penerima upah yang harus terlindungi jaminan sosial.

“Kita akan secara continue melakukan sosialisasi kepada Masyarakat di Jakarta Utara khususnya masyarakat pekerja bukan penerima upah, agar mereka merasakan manfaat dari program jaminan social tenaga kerja,” kata Deny.

Perlu diketahui, program BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja informal ini menetapkan iuran Rp. 16.800 per bulannya, untuk Jaminan Kematian dan Kecelakaan Kerja. Dan jika ingin dilengkapi dengan Jaminan Hari Tua, cukup menambah iuran sebesar Rp. 20 ribu per bulan.

“Untuk mempermudah akses pelayanan kepada para pekerja informal khususnya di pasar lontar, BPJS Ketenagakerjaan akan bekerjasama dengan Bank BTN. Sehingga untuk pendaftaran dan pembayaran iuran dapat langsung dilayani di Bank BTN terdekat,” ujar Deny.

Ada 500 para pelaku usaha yang sudah mendaftar dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, salah satu seorang pelaku usaha yang mendaftar peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah Desti Gitasarawi (33). Wanita ramah ini menganggap pentingnya perlindungan jaminan social dengan iuran yang tidak memberatkan. “Musibah siapa yang tau kapan terjadi, buat jaga-jaga saja kalau terjadi sesuatu nanti dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan ini ditanggung Jaminan Kematian dan Kecelakaan Kerja,” ucapnya.

header niko 728 x 90

Check Also

Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang Memperketat Pengawasan WNA Cina

Okeebos.com, Jakarta – Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang memperketat pengawasan wisatawan mancanegara dari Cina yang …

header niko 728 x 90
if(function_exists('load_comments')) { load_comments(); }