Breaking News
Home » OkeepiniAnda » Raden Hidayatullah: Bangkitlah Gerakan Pramuka Indonesia, Mempertegas Komitmen Nilai-nilai Kode Kehormatan
Raden Hidayatullah
Raden Hidayatullah

Raden Hidayatullah: Bangkitlah Gerakan Pramuka Indonesia, Mempertegas Komitmen Nilai-nilai Kode Kehormatan

Okeebos.com, Jakarta – Gerakan Pramuka bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, yang sehat jasmani dan rohaninya, serta menjadi warga Negara Republik Indonesia yang berjiwaPancasila, setia dan patuh kepada Negara Republik Indonesia sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapa tmembangun dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Semenjak terjadi pergeseran zaman dimana teknologi informasi begitu cepat berkembang dan mendorong masyarakat memiliki pola kehidupan yang berbeda dengan masa-masa sebelumnya menjadi lebih digital, kegiatan kepramukaan sudah mulai meredup dan tidak menjadi popular seperti pada masa-masa kejayaannya.




Hal itu dapat dilihat dari tingkat partisipasi kalangan muda di masyarakat dalam kegiatan kepramukaan yang semakin berkurang.

Sebagai contoh, lembaga-lembaga pendidikan dasar sampai tinggi seperti universitas atau sekolah tinggi, jumlah peserta didik pramuka tidak sebanding dengan jumlah siswa/mahasiswa yang ada di sekolah/kampustersebut.

Hal ini diperparah dengan kurang akuntabelnya pendataan keanggotaan pramuka dalaml ingkup Nasional secara berkala.

Berbagai upaya mungkin telah coba dilakukan selama ini, namun hal itu tetaplah belum cukup.

Walaupun begitu, tentu saja tidak berarti kegiatan kepramukaan sudah tidak bias atau tidak relevan.

Sebaliknya bahkan, perlu ada penggalian secara serius tentang kepramukaan di masyarakat untuk mencaritahu bagai mana tingkat penerimaan masyarakat yang sesungguhnya terhadap kegiatan kepramukaan terutama pada kalangan pemuda-pemudi dan mencaritahu bagai manakah format ideal promosi kepramukaan kesegmen muda masyarakat dan kalangan mahasiswa di Indonesia.

Tujuan Kepramukaan di Indonesia adalah mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa Pancasila, disiplin, sehat mental moral dan fisiknya, berjiwa patriot, berkemampuan untuk berkarya dengan semangat kemandirian, bertanggung jawab, peduli, dan komitmen terhadap kode kehormatan Pramuka.

Raden Hidayatullah

Pembina Pramuka : SMPN 184 Jakarta

header niko 728 x 90

Check Also

kisruh polemik penggusuran mushala di Pulau Pari.

Beri Izin Vihara “Dan” Menggusur Mushala, ICMI DKI Protes Keras Terhadap Pemda

Okeebos.com, Jakarta – Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) DKI Jakarta, Mustaqim Dahlan, protes keras atas …

header niko 728 x 90
if(function_exists('load_comments')) { load_comments(); }