Breaking News
Home » Pancasila » Masyarakat Harus Berperan Aktif Dalam mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila
Pancasila-1-jpeg.image_

Masyarakat Harus Berperan Aktif Dalam mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila

Okeebos.com, Jakarta – Masyarakat Indonesia harus turut berperan aktif  dalam mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila karena mampu mempersatukan keberagaman di Tanah Air, kata Ketua Fraksi PKB MPR RI, Abdul Kadir Karding.

Berbicara dalam sosialisasi MPR, di Yogyakarta, Jumat, ia menilai Pancasila juga sangat sesuai karakter dan kepribadian Indonesia karena memang disusun berdasarkan rumusan budaya lokal bangsa Indonesia sendiri.




Siaran pers MPR menyebutkan, dalam sosialisasi kepada dosen agama Islam wilayah Kopertis III Yogyakarta itu, Karding juga menyinggung soal gerakan reformasi yang terjadi pada 1998 yang membuat keberadaan Pancasila tercerabut dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Bahkan, lanjutnya, mata pelajaran Pancasila yang sebelumnya ada dalam kurikulum pendidikan nasional pun ikut hilang.

Setelah itu selama bertahun-tahun bangsa Indonesia hidup tanpa Pancasila karena menganggapnya sebagai bagian dari Orde Baru.

Namun, ujar Karding, kondisi itu tidak berlangsung lama. Beberapa tahun kemudian muncul kerinduan kembali terhadap Pancasila, terlebih setelah masyarakat menyadari akibat yang ditimbulkan, seperti kemorosotan moral, korupsi dan kerusuhan.

Oleh karena itu ia menegaskan agar masyarakat Indonesia harus berperan aktif  mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila. [/Ant]

header niko 728 x 90

Check Also

NU

NU Usulkan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni

Okeebos.com, Surabaya – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa …

header niko 728 x 90
if(function_exists('load_comments')) { load_comments(); }