Breaking News
Home » Pancasila » Slamet Soebijanto: Pancasila Solusi Tepat Masalah Bangsa Saat Ini
Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Jenderal Slamet Soebijanto.
Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Jenderal Slamet Soebijanto.

Slamet Soebijanto: Pancasila Solusi Tepat Masalah Bangsa Saat Ini

Okeebos.com, Jakarta – Para tokoh dan aktivis yang tergabung kedalam Majelis Kebangsan Pancasila Jiwa Nusantara (MKPN), kembali menegaskan komitmennya untuk mengembalikan Pancasila sebagai jatidiri dan ideologi bangsa.

Komitmen tersebut diimplementasikan dalam kegiatan sarasehan dan konsolidasi gerakan Pancasila, yang dilaksanakan oleh Pancasila Center, dalam tema Pancasila Tidak berdaulat, Komunis/PKI Bangkit, di Hotel Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, 29-30 Agustus 2015.




Acara tersebut dibuka oleh, Dewan Pembina MKPN Pusat, Laksamana (Purn) Jenderal Slamet Soebijanto, dalam pembicaraannya beliau mengatakan, saat ini nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur, akibat adanya upaya-upaya penghancuran Pancasila yang dilakukan secara sistematis.

”Kondisi bangsa saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Bangsa ini sudah meninggalkan sejarah bangsanya sendiri. Karena itu kami mengajak seluruh komponen anak bangsa agar bersama-sama kembali pada Pancasila,” tegas mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Sabtu (29/8/2015).

Ia juga menegaskan kalau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan kepada azas Pancasila dan bukan azas demokrasi. Menurutnya, demokrasi telah melunturkan nilai Pancasila sehingga Indonesia tidak lagi dimiliki oleh rakyatnya, tetapi menjadi milik penguasa.

Nilai-nilai dalam Pancasila juga lanjut dia sudah mulai bergeser, seperti sila ketiga yang berbunyi persatuan Indonesia saat ini sudah dibawa ke otonomi daerah, dan sila keempat sudah dibawa ke demokrasi.

”Kurikulum pendidikan di Indonesia sekarang ini juga sudah kurang menanamkan nilai-nilai Pancasila. Mata pelajaran seperti PPKN sudah bukan lagi menjadi pelajaran pokok di sekolah-sekolah,” sesalnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pancasila akan membawa bangsa ini ini untuk ber-Tuhan, beradab menjalin persatuan. Dan lebih memilih jalan bermufakat untuk memecahkan berbagai persoalan, yang pada akhirnya akan menciptakan masyarakat yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejak dibentuk lima tahun yang lalu, Slamet mengaku kalau MKPN telah melakukan audensi ke para tokoh agama, pemimpin daerah, kampus, pemuda dan mahasiswa di sekitar 450 wilayah di Indonesia. Dirinya menyebut kalau respon dari komponen masyarakat di Indonesia sangat positif untuk kembali tegaknya Pancasila, tandasnya. [/mul]

header niko 728 x 90

Check Also

NU

NU Usulkan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni

Okeebos.com, Surabaya – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa …

header niko 728 x 90
if(function_exists('load_comments')) { load_comments(); }