Breaking News
Home » Politik & Hukum » Muhammad Syafi’i : Tangisan Ahok Sangat Multitafsir
Anggota Komisi III DPR Muhammad Syafi'i
Anggota Komisi III DPR Muhammad Syafi'i

Muhammad Syafi’i : Tangisan Ahok Sangat Multitafsir

Okeebos.com, Jakarta – Anggota Komisi III DPR Muhammad Syafi’i menilai tangisan gubernur non aktif DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam persidangan perkara penistaan agama sangat multitafsir. Di sisi lain, Syafi’i juga meminta Ahok untuk menyebut politisi yang dia tuding suka menggunakan Surat Al Maidah 51 secara tidak benar.

Pasalnya menurut dia, bila Ahok tidak bisa membuktikan siapa politisi tersebut seperti pembacaan eksepsinya di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, maka hal itu bisa berdampak buruk bagi citra penegakan hukum. “Ini dia bilang (Ahok) ditujukan kepada politisi yang suka memutarbalikkan fakta, ya harus bisa dibuktikan juga. Menurut saya ikuti saja proses, karena kan setiap pilihan ada resiko dan setiap kebijakkan ada tanggung jawab,” kata Syafi’i di Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (14/12/2016).




Sementara itu, politisi Gerindra ini menilai kalau tangisan Ahok bisa menjadi multitafsir antara penyesalan atau kekesalan atas kasus dugaan penistaan agama. Hanya saja, tangisan tersebut tidak bisa mengganggu proses penegakkan hukum yang sudah berjalan, ujarnya.

“Klausul untuk sempurnanya tindak pidana sudah dia lakukan, kalau tangisan itu mungkin penyesalan atau kekesalan ya itu boleh-boleh saja. Sebab tegak hukum pidana berbeda dengan perdata, perdata itu minta maaf dimaafkan ya kasusnya selesai,” lanjutnya.

“Tetapi kalau pidana, walaupun uang negara dikembalikan ya penuntutan tetap jalan, meskipun dia menangis proses tetap berjalan. Jangan gara-gara Al Maidah 51 ia tidak pilih, bahkan dia menyampaikan itu dalam konteks salah lagi, kenapa dia pakai baju dinas, dalam urusan dinas yang ia sampaikan malah urusan kampanye. Dari situ saja dia sudah keliru,” pungkasnya. [/Trp]

header niko 728 x 90

Check Also

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Al Masyhari.

Rencana Menertibkan Media Online, Komisi I Mengaku Belum Ada Diskusi

Okeebos.com, Jakarta – Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Al Masyhari mengaku, pihaknya belum …

header niko 728 x 90
if(function_exists('load_comments')) { load_comments(); }